(Bontang, 7 November 2019). Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bontang menerima kunjungan belajar siswa SMA IT Dhaarul Hikmah Boarding School (DHBS) Bontang, Kamis (7/11/2019) pagi. Sebanyak 19 siswa kelas 10 IPS ambil bagian dalam kunjungan tersebut.

Kedatangan siswa SMA IT DHBS diterima Kepala Diskominfo Drs. Dasuki, M.Si, didampingi Sekretaris Ririn Sari Dewi, S.Ip, M.Si, Kabid Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik, serta Kepala Subbag Umum dan kepegawaian, di ruang rapat Diskominfo, Gedung Graha Praja Lt. 3, Kelurahan Bontang Lestari.

Suci Wulandari, guru pendamping siswa SMA IT DHBS, menjelaskan alasan pemilihan Diskominfo untuk dikunjungi. Menurutnya, Diskominfo memiliki peran yang erat kaitannya dengan hubungan masyarakat, baik yang berkaitan dengan teknologi digital 4.0 maupun penyebaran informasi program yang telah dan akan diimplementasi Pemkot Bontang.

Diharapkan dari kunjungan ini, siswa dapat meningkatkan pengetahuan terhadap perkembangan smart city yang menjadi misi Pemkot Bontang di bawah kepemimpinan Wali Kota dr. Hj. Neni Moerniaeni, Sp.Og, dan Wakil Basri Rase.

Sementara, Kepala Diskominfo Drs. Dasuki, M.Si, mengapresiasi dan menyambut baik kunjungan belajar 19 siswa yang bersekolah di Jl. karya bakti Kelurahan Bontang Lestari tersebut.

Pertemuan yang berlangsung selama dua jam ini, dimanfaatkan Dasuki untuk memberikan informasi tentang tugas pokok dan fungsi Diskominfo, tipe dan struktur organisasi, berbagai aplikasi milik Pemkot Bontang, sekaligus memaparkan sasaran-sasaran smart city yang dilakukan Pemkot Bontang.

Di kesempatan itu, Dasuki menjelaskan peran Diskominfo yang mengemban tugas cukup berat memasuki era digital, bahkan dari tugas itu disertai dengan membangun peradaban dari sebelumnya manual menuju devise teknologi atau teknologi berketuhanan yang dapat di tarik di sektor industri maupun sektor pemerintahan 4.0.

“Kalau pemerintahan 4.0 leading-nya ada di Diskominfo. Makanya di Diskominfo ini ada tiga bidang yang mengurusi itu,” ujarnya.

Dijelaskan Dasuki, Pemkot Bontang memiliki http://portal.bontangkota.go.id. yang didalamnya memuat aplikasi yang peruntukkannya bagi internal pemerintah dan pelayanan masyarakat umum, transparansi keuangan, informasi terkini Kota Bontang, serta data dan statistik.

Terkait smart city, diterangkannya memiliki enam sasaran yaitu pertama smart government yang bertujuan mewujudkan tata kelola dan tata pamong pemerintahan daerah yang efektif, efisien, komunikayif, dan real time.

Kedua, smart branding yang sasarannya mewujudkan branding citra kota, brandimg perdagangan, dan penataan wajah kota. Ketiga, smart economy guna mewujudkan ekosistem yang mendukung aktivitas ekonomi masyarakat dan less-cash society.

Selanjutnya, smart living sasarannya mewujudkan lingkungan tempat tinggal yang layak tinggal, nyaman, dan efisien. Kelima, smart society mewujudkan ekosistem sosio-teknis masyarakat yang dinamis dan humanis baik fisi maupun virtual untuk terciptanya masyarakat yang produktif, komunikatif, interaktif dengan digital literacy yang tinggi.

Terakhir adalah smart enviromen, sasarannya adalah mewujudkan tata kelola lingkungan yang baik, bertanggungjawab, dan berkelanjutan di Kota Bontang.

Lebih jauh, Dasuki menutup pertemuan tersebut dengan kalimat motivasi. Ia mengatakan, kalau kita lunak dengan diri kita, maka diluar sana akan keras dengan diri kita. Pun sebaliknya, kalau kita keras dengan diri kita, maka diluar sana akan lunak dengan diri kita.

Usai diterima di ruang rapat, rombongan siswa SMA IT DHBS di ajak berkeliling melihat ruang kerja pegawai Diskominfo, Road Map TIK Kota Bontang, dan ruang media center. (AG)

PPID Diskominfo Bontang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *