Apa yang pertama kali muncul di benak anda ketika mendengar nama Pulau Beras Basah? Bagi Penduduk Kota Bontang Pulau Beras Basah tentu terdengar tidak asing lagi. Hampir setiap hari pulau kecil ini dikunjungi oleh traveller dari dalam maupun luar kota. Keindahan wisata bahari Pulau Beras Basah dapat menjadi destinasi favorit bagi anda bersama rekan, sahabat, pasangan maupun keluarga.
Terdapat beberapa titik lokasi yang dapat menjadi pilihan bagi pengunjung untuk dapat mencapai pulau ini yakni dengan menaiki kapal melalui Pelabuhan Tanjung Laut, Pelabuhan Tanjung Limau maupun dermaga PT. Badak NGL. Umumnya, jika pengunjung menaiki kapal melalui Pelabuhan akan memakan waktu sekitar 40 menit dengan biaya 600-800 ribu rupiah per kapal. Jika dirasa terlalu mahal, pengunjung dapat bergabung dengan wisatawan lainnya untuk menekan biaya perjalanan.
Sepanjang perjalanan menuju Pulau Beras Basah, pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan laut yang indah. Khususnya pada pagi hari, sinar matahari akan membuat lautan terlihat berkilauan bak hamparan mutiara. Setelah sampai di Beras Basah, hamparan pasir putih dan birunya air laut yang jernih siap menyambut anda.
Berbagai kegiatan menyenangkan dapat anda lakukan disini mulai dari berenang, menaiki banana boat, bermain pasir putih, menikmati deburan ombak-ombak kecil, sekedar berselfie ria hingga snorkeling. Jika anda adalah seorang penikmat eksotisme laut, maka snorkeling adalah pilihan yang tepat. Pemandangan panorama bawah laut yang dimiliki Pulau Beras Basah tidak kalah cantik dengan pulau-pulau besar lainnya. Terumbu karang yang tampak kokoh dan berbaris rapi, aneka biota laut berwarna-warni serta tumbuhan laut yang bergerak indah menjadi surga tersendiri bagi penikmat eksotisme laut.


Hal ini didukung dengan pernyataan salah satu pemilik penyewaan banana boat dan alat snorkeling, Nurdin mengungkapkan bahwa sebagian besar pengunjung sangat menyukai snorkeling.
“Biasanya pengunjung kalau datang lebih suka sewa alat snorkeling. Selain harganya murah, pengunjung juga bisa berlama-lama memakainya,” ujar pria paruh baya tersebut.
“Pemandangan karangnya di bawah laut itu bagus sekali. Apalagi sekarang sudah ada rumah-rumah ikan yang dibuat pemerintah pasti tambah bagus,” ungkapnya menimpali.
Menutup perbincangan singkat bersama Bapak Nurdin, Beliau pun menyampaikan apresiasinya terhadap pemerintah yang telah mempercantik Pulau Beras Basah seperti saat ini.
“Dulu Beras Basah kurang terawat. Tapi sekarang sudah jadi bagus. Sebagai warga saya berharap semoga kedepannya Pemerintah dapat terus memperhatikan keadaan Pulau Beras Basah sebagai destinasi wisata sekaligus wadah bagi masyarakat lokal mencari nafkah,” tutupnya. (TLH)

-Admin PPID Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bontang-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *