(Bontang, 30 Agustus 2019).Tak ada hulu yang tak berhilir, tak ada pangkal yang tak berujung, tak ada pertemuan tanpa perpisahan.Sepenggalpuisi inicukup menggambarkan kondisi Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Bontang saat ini.

Kasi. Pengembangan dan Pengelolaan Aplikasi E-Government Wahyu Hermawan, S.Si, M.T, (selanjutnyaWahyu, red.)akan meninggalkan Dinas Kominfo Bontang untuk mengabdi didaerah lain per 1 September 2019.

Melalui acara perpisahan yang digelar di ruang rapat Dinas Kominfo, Jumat (30/8/2019) pagi,pria yang akrab disapa “captain” ini akan mengabdi di Pemkot Surakarta Provinsi Jawa Tengah. Meski demikian, ia belum mengetahuiakan berdinas di OPD apa nantinya.

Di kesempatanitu, Wahyu bercerita beberapa pengalaman sejak pertama kali bergabung di Pemkot Bontang sebagaiCPNSdi Dinas Perhubunganhingga akhirnya berdinas di Kominfo sejak awal dibentukpada 2016 silam.

“Kota Bontang ini sangat-sangat berjasa bagikarier saya. Saya dapat sekolah S2 di sini, costsharing antara Pemkot Bontang dengan Kementerian Kominfo sehingga saya bisa mendapatkan gelar S2, dan saya punya kewajiban untuk mengabdikan ilmu saya di Kota Bontang selama lima tahun. 2014 saya lulus, lima tahun kemudian (2019) saya baru boleh pindah,” kata Wahyu.

Selain itu, ia juga menyampaikan kesan danpesan serta pengalamannya bekerja pada OPD yang dipimpin Drs. Dasuki, M.Si. Suasana yang penuh keakraban ini seketika berubah menjadi haru saat Wahyu mengungkapkan permohonan maaf secara bergiliran kepada seluruh pejabat dan staf baik disengaja maupun tidak.

Lebih lanjut, ia mengharapkan Dinas Kominfo dapat terus kuat, bersatu dan kompak menghadapi tantangan yang semakin berat kedepannya. Sehingga apa punyang menjadi kendala dapat kita atasi bersama-sama.

“Ya ini adalah konsekuensi pilihan, dan saya memilih jalan hidup saya seperti ini. Saya akan meninggalkan Kota Bontang demi sebuah cita-cita lain,” lanjutnya.

“Sekali lagi mohon maaf, mohon maaf, dan mohon maaf yang sebesar-besarnya atas segala perkataan dan perbuatan saya baik disengaja maupun tidak disengaja. Dan terima kasih atas semuayang teman-teman yang berikan ke saya,” ujar Wahyu.

Senada, Kepala Dinas Kominfo Drs. Dasuki, M.Si, juga menyampaikan permohonan maaf terhadap hal yang kurang berkenan. Tak lupa ia mendoakan agar Wahyu mendapat kesuksesan menjalankan tugas di tempat yang baru kelak.

“Hari ini kita melepas mitra kerja kita yang nantinya ke Solo. Tentu kita ingin melepas dengan suasana hati yang senang, teriring doa agar mas Wahyu ini bisa menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya,” kata Dasuki.

Terlepas dari itu, Dasuki mengaku memiliki kesan tersendiri terhadap Wahyu. Ia mengenalnya sebagai sosok yang pintarmeski cenderung pendiam saat berdiskusi. Namun diantara kelebihan dan kekurangan itu  Dasuki dapat merasakankarya besar dari Wahyu Hermawan.

“Saya dengar kemarin dari pak Taufik (Kabid. E-Government) bahwa mas Wahyu menunjukkandashboardyang sehingga mengintegrasikan antara pelayanan publik, pelayanan internal, kesah etam, simpatiku, dan aplikasi lainnya,” sambungnya.

Terakhir, Dasuki berharap silaturahmi yang terjalin hingga saat ini dapat terus dipertahankan meski tidak lagi berdinas di Kominfo Kota Bontang.

Tampak hadir dalam acara ini,sekretaris, seluruh kepala bidang, kepala seksi dan subbag, serta seluruh staf.(AG)

PPID Kota Bontang

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *