(Bontang, 26 Juli 2019). Desimininasi informasi melalui Inspiratif Expo kembali hadir dengan kemasan berbeda.

Menyasar pegawai pemerintahan di Kota Bontang, Dinas Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Dinas Kesehatan mengelar kegiatan bertema “Kominfo Mendukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat”, di halaman parkir Gedung Graha Taman Praja, Jl. Bessai Berinta, Jumat (26/7/2019) pagi.

Inspiratif Expo tersebut digelar dalam rangkaian acara senam bersama Kominfo dilanjutkan cek kesehatan gratis. Selain itu, kegiatan ini turut dimeriahkan dengan acara hiburan dan doorprize.

Kepala Dinas Kominfo Drs. Dasuki, M.Si mengatakan bahwa saat ini merupakan era keterbukaan informasi publik dimana masyarakat berhak mengetahui seluruh kegiatan OPD termasuk penggunaan anggaran. “Oleh karena itu, bapak ibu harus hati-hati sekarang semua anggaran sudah transparan yang namanya transparansi keuangan di portal www.bontang.kota.go.id,” ujar Dasuki dalam sambutannya.

Berikutnya, ia meminta seluruh pegawai pemerintahan agar membiasakan diri membuka portal www.bontang.kota.go.id. Pasalnya, segala informasi dan aplikasi yang dibutuhkan OPD dapat ditemui di website tersebut.

Dijelaskan Dasuki, belum lama ini Diskominfo telah memberlakukan aplikasi pengaduan masyarakat kepada pemerintah dengan nama “Kesah Etam”. Apa pun bentuk pengaduan masyarakat akan disampaikan kepada OPD yang bersangkutan agar secara cepat ditindaklanjuti.

“Kemarin banyak pengaduan dari masyarakat, oleh karena itu kepada semuanya OPD agar memperhatikan pengaduan-pengaduan yang secara cepat harus kita tindak lanjut,” tambahnya.

Untuk itu, Dasuki mengajak seluruh pegawai pemerintahan Kota Bontang agar mengubah mindset lama yang masih tertutup dengan era digital dan keterbukaan informasi publik. Mengingat Kota Bontang sedang menjalankan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Sementara itu, Asisten Administrasi Pemerintahan, Drs. H.M. Bahri, M.Ap mengapresiasi terselenggaranya kegiatan ini. Ia berharap Inspiratif Expo yang dikemas dengan senam sehat tersebut dapat rutin dilaksanakan. Sebab, kata Bahri, dengan banyaknya masyarakat mengerti informasi yang benar dan up to date maka masyarakat juga merasa terlindungi.

“Mudah-mudahan kegiatan seperti ini bisa rutin kita laksanakan sehingga kita tambah sehat, masyarakat tambah sehat, dan informasi tambah menyebar,” pungkas Bahri.

Senada, Kepala Dinas Kesehatan dr. Bahauddin, MM., turut mengapresiasi dan menginginkaan kegiatan mendukung gerakan masyarakat hidup sehat tersebut dapat diikuti OPD lainnya. “Terima kasih kepada Kominfo sudah memfasilitasi kami (Dinkes) mudah-mudahan bisa diikuti OPD lain sehingga mungkin dua kali dalam sebulan kita bisa lakukan kegiatan seperti ini,” tuturnya. (AG)

PPID Kota Bontang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *